Tuesday, September 02, 2008

Octoberquest 1: Preview and Recap from August

Memasuki bulan September 2008, artinya hanya beberapa langkah menuju Oktober, yang adalah saat puncak dari kompetisi MAJOR LEAGUE. Artinya setiap tim harus lebih berhati-hati agar tetap berpeluang untuk masuk ke babak playoff, kemudian WORLD SERIES dan menjadi juara! Sekilas mengenai keadaan pada akhir Agustus 2008, di liga Amerika (AL - American League) keempat tim terbaik tersebut adalah TAMPA BAY RAYS sebagai juara divisi timur, CHICAGO WHITE SOX di divisi tengah, dan LOS ANGELES/ANAHEIM ANGELS sebagai pemimpin divisi barat, serta sang juara bertahan BOSTON RED SOX sebagai pemegang wild card. Sedangkan dari liga nasional (NL - National League) keempat tim tersebut adalah NEW YORK METS di divisi timur, CHICAGO CUBS dari divisi tengah, dan ARIZONA DIAMONDBACKS di divisi barat, dengan wild card jatuh ke tangan MILWAUKEE BREWERS.

Mari kita lihat apa yang terjadi di hari pertama Octoberquest 2008...


AL - NEW YORK YANKEES, pemegang gelar terbanyak dengan 26 kali, terancam gagal mengikuti playoff untuk pertama kalinya sejak tahun 1993, kontras saat tahun lalu berhasil meraih gelar juara divisi timur AL. Dengan 9 game berikutnya harus bertandang ke Tampa Bay (tim terkuat di timur AL saat ini), Seattle menghadapi SEATTLE MARINERS, dan Anaheim (tim terkuat di barat AL), serta bermain di kandang melawan White Sox (pemimpin divisi tengah AL) dan menutup kompetisi di Boston, bukan hanya mereka harus bermain seperti gladiator, namun juga berharap Rays, Red Sox dan MINNESOTA TWINS mengalami kekalahan yang tak terduga.

Red Sox mencoba mengejar ketinggalan dari Rays yang sedang beristirahat hari ini dengan kemenangan atas BALTIMORE ORIOLES. Sementara kandidat peraih Cy Young Award musim ini, Cliff Lee (20-2) memimpin CLEVELAND INDIANS mengalahkan White Sox, membuat rekornya disamai Twins, dan semakin memperketat persaingan. Angels sendiri sudah memimpin dengan keunggulan 17 game atas TEXAS RANGERS, hanya bencana besar yang bisa mencegah mereka lolos ke playoff.

Jika playoff dimulai hari ini:
Tampa Bay RAYS - Chicago WHITE SOX/Minnesota TWINS
Los Angeles/Anaheim ANGELS - Boston RED SOX


NL - Mets menjauhi kejaran PHILADELPHIA PHILLIES dengan selisih 2 game setelah kemenangan di Milwaukee yang diikuti kekalahan Phillies dari WASHINGTON NATIONALS. Brewers sendiri tetap menjaga jarak dengan Cubs di divisi tengah sementara tetap mempertahankan keunggulannya di klasemen wild card atas Phillies. Pergulatan tak kalah seru disajikan di divisi barat NL, saat D-Backs dan LOS ANGELES DODGERS sama-sama meraih kemenangan, masing-masing atas ST. LOIUS CARDINALS dan SAN DIEGO PADRES. D-Backs sebenarnya mempunyai peluang untuk "menghabisi" asa Dodgers saat menjamu mereka dan telah memenangi game pertama. Namun dengan mengeluarkan kartu as pitcher Dan Haren (14-6) dan Brandon Webb (19-5) tidak membuat Dodgers takluk, malah sebaliknya, mereka malah membuat jarak memendek menjadi tinggal 2.5 game.

Jika playoff dimulai hari ini:
Chicago CUBS - Arizona DIAMONDBACKS

New York METS - Milwaukee BREWERS


What's extra-ordinary today?
Untuk pertama kalinya dalam sejarah sejak 1920, 2 pemain secara bersamaan mampu meraih satu siklus (one cycle) dalam satu game. Stephen Drew (D-Backs, saat melawan Cardinals) dan Adrian Beltre (Mariners, saat melawan Rangers) mengulang sejarah yang dibuat Bobby Veach (Tigers) dan George Burns (New York Giants). Bahkan Beltre menjadi pemain Mariners pertama yang mampu melakukan 5 hits dalam 5 kali at bats dan juga mencetak 5 runs.

Another story
*CLIFF LEE semakin dekat menuju penghargaan sebagai pitcher terbaik dengan kemenangannya ke-20 melawan White Sox. Pitcher Indians ini tampaknya akan mengulang pencapaian yang dibuat oleh eks kompatriotnya, C.C. Sabathia, di tahun lalu. C.C. sendiri bukannya tidak berpeluang untuk meraih gelar ini 2 kali berturutan, setelah mampu meraih 9 kali kemenangan tanpa kalah, dengan ERA 1.43 sejak bergabung dengan Brewers setelah All-Star.

**DUSTIN PEDROIA menggila memasuki bulan terakhir musim reguler, salah satunya dengan mematahkan rekor klub untuk jumlah pukulan yang dibuat oleh seorang second baseman. Menempati urutan kelima sementara dalam batting average di liga, rookie of the season 2007 dari Red Sox ini menjadi salah satu kandidat kuat pemain terbaik AL.


--dikompilasi dari mlb.com

1 comment:

Eko Wibowo said...

Go Red Sox!!! Go for East Divison Champ.
Tampa Bay is going closer and closer......
Hunt for October